P2APBD PROVINSI JAWA BARAT TA 2010 LEBIH BAIK

12 Jul

OLEH : DRS. H. ANWAR YASIN

(ANGGOTA KOMISI A DPRD JAWA BARAT DARI F-PKS)

Dalam nota pengantar Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P2APBD) Tahun Anggaran 2010 yang disampaikan Gubernur Jawa Barat, dijelaskan bahwa nota pengantar yang dibacakan masih dalam proses pemeriksaan oleh BPK RI dan laporan hasil pemeriksaannya secara resmi belum disampaikan oleh BPK RI. Karenanya kami menyampaikan apresiasi kepada Gubernur yang telah bersungguh-sungguh berupaya menyampaikan Raperda P2APBD ini sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya, setelah mencermati laporan realisasi pendapatan daerah, F-PKS menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah berhasil mencapai realisasi pendapatan daerah sebesar 115,80% atau sebesar Rp 9,74 Trilyun lebih dari anggaran pendapatan yang telah ditetapkan yaitu sebesar Rp 8,41 Trilyun lebih. Ketercapaian realisasi pendapatan daerah ini juga lebih besar jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 7,71 Trilyun di tahun 2010. Dibandingkan dengan Tahun Anggaran 2009, realisasi ini juga merupakan peningkatan sebesar 25,11%. Hasil ini tentunya menjadi modal yang kuat dalam melakukan upaya peningkatan pendapatan di tahun-tahun berikutnya dengan terus menyempurnakan upaya penggalian potensi pendapatan secara terukur.

Dalam aspek realisasi belanja, kami sangat bersyukur Gubernur telah melaksanakan amanah sesuai dengan prinsip anggaran yang efektif, efisien dan ekonomis sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami sepakat bahwa sisa alokasi anggaran tidak saja dimaknai sebagai kekurangakuratan perencanaan atau rendahnya penyerapan anggaran dalam pelaksanaan, namun juga perlu dimaknai sebagai bentuk kehati-hatian dan kecermatan dalam mengimplementasikan anggaran yang berbasis kinerja. Lebih dari 90% OPD mampu menyerap anggaran di atas 75%, bahkan sebagian besar OPD mampu melakukan penyerapan anggaran lebih dari 90%. Sebuah keberhasilan yang tentunya diikuti dengan sebuah tuntutan tanggung jawab pencapaian output dari penggunaan dana publik tersebut.

Selanjutnya kami sampaikan beberapa catatan penting terhadap P2APBD tahun anggaran 2010 sebagai berikut: Masih terdapat beberapa pos anggaran yang belum terserap secara maksimal sampai dengan 31 Desember 2010 antara lain :

  1. Mohon penjelasan atas rendahnya serapan anggaran, terutama pada sejumlah anggaran belanja yang sangat terkait dengan kepentingan publik secara langsung, yaitu pada Dinas Pendidikan yang hanya mampu menyerap anggaran sebesar 74,49% atau sebesar Rp 340,25 Milyar lebih, dari target sebesar Rp 456,76 Milyar lebih.
  2. Mohon penjelasan atas rendahnya serapan anggaran pada Dinas Kesehatan terutama program upaya kesehatan berupa kegiatan pemantauan, pencegahan dan penanggulangan gizi buruk yang hanya mampu menyerap anggaran sebesar 65,36% atau sebesar Rp 154,31 Juta lebih, dari target sebesar Rp 236,11 juta lebih. Padahal kita semua masih mendengar adanya penderita gizi buruk di berbagai daerah. Mohon perhatian dan keseriusannya dalam hal ini.

Demikianlah pandangan umum kami sampaikan, teriring doa semoga Allah membalas segala jerih payah, perjuangan, dan pengorbanan tulus Gubernur beserta jajarannya dan kita semua dengan balasan yang sebaik-baiknya. Semoga pada tahun berikutnya seluruh kebijakan, program dan kegiatan yang telah terbukti meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat dilanjutkan bahkan terus ditingkatkan demi terwujudnya visi Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Barat tahun 2008-2013, yaitu tercapainya masyarakat Jawa Barat yang mandiri, dinamis dan sejahtera. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: