DPRD Jabar Setujui Raperda Inisiatif Jaminan Pemeliharaan Kesehatan

2 Jan

28 Desember 2012 | 11:44 WIB

DPRD Provinsi Jawa Barat dalam Rapat Paripurna (28/12) menyetujui usul prakarsa DPRD tentang Raperda  Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Jawa Barat yang diusulkan oleh Komisi E.
Dalam penjelasan pengusul yang dibacakan oleh Sekretaris Komisi E Yod Mintaraga, dikemukakan Perda Provinsi Jawa Barat Nomor 11 Tahun 2010 mengamanatkan pengembangan system pembiayaan dalam system kesehatan daerah dalam bentuk Perda tersendiri. Dengan demikian, perlu dibentuk suatu jaminan kesehatan bagi seluruh warga Jawa Barat yang bersifat komprehensif dan bermutu, terintegrasi dengan system pelayanan kesehatan dan system pembiayaan kesehatan nasional.
” Jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat yang  disebut JPKM Jawa Barat adalah suatu sistem pembiayaan sebagai bagian dari system kesehatan untuk memberikan perlindungan dan pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat dengan prinsip kendali mutu dan kendali biaya.”
Dikatakan tujuan Raperda Inisatif DPRD mengenai JPKM adalah untuk menyediakan perlindungan dan pemeliharaan kesehatan yang berkeadilan untuk masyarakat Jawa Barat. Menjamin akses dan pemerataan pelayanan kesehatan untuk seluruh penduduk Jawa Barat, menciptakan pemeliharaan kesehatan bermutu dan efisien serta mengoptimalkan sistem jaminan sosial nasional dalam pencapaian cakupam semesta di Provinsi Jawa Barat.
Dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Irfan Suryanagara dan dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf dikemukakan pula Raperda JPKM ini akan memuat antara lain kepesertaan, hak dan kewajiban peserta, hak dan kewajiban pemberi pelayanan kesehatan, iur biaya dan biaya pertanggungjawaban.
Raperda juga akan memuat mengenai Badan penyelenggaraan JPKM, pengelolaan JPKM dan pembiayaan JPKM, pembinaan dan pengawasan, ketentuan penyidikan, ketentuan pidana serta ketentuan penutup.
Pembahasan Raperda inisiatif ini sebagaimana dikatakan Ketua DPRD akan dilakukan pada awal bulan Januari 2013 dengan demikian pada tahun 2013 nanti Jawa Barat telah memiliki aturan terkait dengan jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat.

Sumber : http://dprd.jabarprov.go.id/?m=seputar&t=news&id=974&PHPSESSID=ab1fb71e3bbb495b274c44175f8a6733

2 Tanggapan to “DPRD Jabar Setujui Raperda Inisiatif Jaminan Pemeliharaan Kesehatan”

  1. Hasan Abas 02/01/2013 pada 5:06 PM #

    Assalamualaikoum w.w.
    Semoga pa Yasin sekeluarga selalu ada dalam lindungan Allah swt, amien.
    Kalau bp. atau anak bp. mau mampir ketempat kami , silahkan,.

    Wassalam,.

    Hasan Abas.
    jln Soeratno 13 cirebon / Stadionweg 203 Amsterdam.

    • anwaryasin 12/04/2013 pada 3:03 PM #

      Alaikumusalam, jzkmllh atas undangannya inysa Allah bila ada kesempatan saya akan sempatkan bertandang kesana, mohon maaf baru sempat blog kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: